11 Tips Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

11 Tips Mengurangi Efek Radiasi Ponsel - Tips ini ane dapat dari salah satu thread kaskus, oke sobat tanpa mondar mandir langsung aja. Ponsel mengeluarkan radiasi yang berefek pada tubuh. Agar efek itu berkurang, lakukan langkah-langkah berikut :

Radiasi Ponsel / Handphone

1. Mengambil jarak.
Sebagian besar merek ponsel mencantumkan jarak antara pemakai dan ponselnya, misalnya 10 milimeter dari tubuh. Belajarlah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Mungkin sulit, tetapi bukan tidak mungkin.

2. Hindari sinyal lemah.
Ponsel memancarkan radiasi pada frekuensi tinggi ketika sinyal lemah. Ini berarti Anda harus menghindari menggunakan ponsel ketika sinyal lemah untuk menghindari efek yang tidak diinginkan. 

3. Gunakan hands-free / bluetooth
Cara paling mudah untuk mengurangi dampak radiasi ponsel adalah menggunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti hands free atau bluetooth. Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.
 
4. Bergantian telinga.
Jangan menghabiskan terlalu lama menelepon dengan satu telinga. Gunakan bergantian antara telinga kanan dan kiri. Ini akan mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang dikeluarkan oleh ponsel. 

5. Pegang Bagian Bawah
masih berkaitan dgn point no.2 diatas, saat menelpon jangan pegang bagian atas HP karena akan mengurangi sinyal, jika demikian maka HP akan membesarkan radiasinya.
 
6. Jangan simpan ponsel di kantong baju/celana terlalu lama
Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil yang bisa dijinjng ke mana-mana. 

7. Gunakan casing antiradiasi
Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.
 
8. Jangan meletakkan HP terlalu dekat ketika tidur
Agan mungkin perlu alarm telepon untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakkan ponsel terlalu dekat khususnya di dekat posisi kepala Agan. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kanker dan penyakit lainnya. 

9. Buatlah percakapan ponsel secukupnya
Jika percakapan akan menjadi panjang, sebaiknya menggunakan telepon kabel. Satu studi menemukan bahwa setelah dua menit, aktivitas listrik otak dapat diubah untuk setidaknya satu jam. Oleh karena itu strategi mengalihkan dari telinga satu ke yang lain disarankan.
 
10. Manfaatkan layanan pesan singkat (SMS)
Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat telepon.

11. Hindari penggunaan handphone dari anak-anak
karena otak anak-anak dapat menyerap bahaya radiasi hanphone lebih cepat dan lebih banyak dari pada orang dewasa (dapat mencapai 2 x lipat).
 
Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to "11 Tips Mengurangi Efek Radiasi Ponsel"

Post a Comment